Kefasihan: Ada apa, dan kapan saya mendapatkannya?

Kadang-kadang pemula bertanya kepada saya "berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum saya fasih?" Pertanyaan sulit dijawab, sebagian karena orang yang berbeda mendefinisikan kefasihan secara berbeda.

Pertama kali seorang teman menggambarkan saya sebagai "fasih berbahasa Irlandia," saya agak terkejut ... karena saya tidak ... tidak menurut standar saya. Ketika saya memikirkan kelancaran linguistik, pikiran saya berkedip langsung ke definisi kamus:

flu · ent: adjective \ flü-ənt \ a: mampu menggunakan bahasa dengan mudah dan akurat (Sumber: www.merriam-webster.com)


Apa itu "kefasihan," benarkah?

Oh, saya membaca dan menulis bahasa Irlandia dengan cukup baik. Saya memiliki pemahaman yang sangat bagus tentang tata bahasa, dan memahami bahasa lisan dengan mudah. Pengucapan saya umumnya sangat bagus. Dan saya memiliki alat percakapan untuk bisa masuk dalam banyak situasi. Dalam istilah banyak orang, saya kira, itu relatif lancar.



Tapi inilah kesepakatannya: Seperti banyak pelajar belajar mandiri, saya berjuang dengan percakapan. Oh, saya bisa mengatur obrolan kecil dengan cukup baik, dan juga kebutuhan dasar kehidupan sehari-hari (bertanya atau memberi arahan, mengajukan pertanyaan tentang sebuah menu, menanyakan harga setengah liter, dan lain-lain)

Tapi mintalah saya untuk membahas secara mendalam tentang sebuah topik, dan keadaan menjadi semakin sulit. Biasanya saya bisa mengerti, tapi ada banyak memancing untuk kata-kata atau ungkapan (yang sebagian besar saya ingat beberapa menit kemudian), "mmm'ing" dan "errr'ing," memberi isyarat, dan bertanya kepada "cad é mar a déarfá ...? "(" Bagaimana kabarmu ...? ") Terus berlanjut. Dan sering tata bahasa bagus saya keluar dari jendela.

Saya kira, jika Anda menjepit saya, saya harus mengatakan bahwa saya telah mencapai tingkat kelancaran yang cukup baik bagi seseorang yang tidak dipaksa untuk menggunakan bahasa ini setiap hari. Untuk bisa melewati titik ini, bagi saya, bagaimanapun, kemungkinan akan memakan waktu beberapa minggu di lingkungan yang benar, penuh pencelupan.

Apa benar kefasihannya?

Sebagian besar dari kita mengenal orang-orang yang tumbuh di negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa mayoritas, tapi siapa pun, walaupun bahasa Inggrisnya benar-benar sangat baik. Mereka memiliki aksen, tentu saja, tapi bahasa Inggris mereka alami dan idiomatik, mereka tidak selalu berhenti untuk memancing kata-kata, dan tata bahasa mereka setidaknya sama bagusnya dengan pembicara bahasa Inggris asli.

Ini adalah kefasihan sejati. Dalam bahasa Irlandia, kita akan mengatakan "tá Béarla ar a dtoil acú" ("bahasa Inggris mereka sesuai keinginan mereka") ... dengan kata lain, mereka dapat bolak-balik antara bahasa ibu mereka dan bahasa Inggris seolah-olah yang harus mereka lakukan hanyalah putar tombol

Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesana?

Saya bisa flip dan berkata "Saya akan memberitahu Anda ketika saya sampai di sana!" Tapi kenyataannya adalah, jawabannya akan berbeda untuk setiap orang, dan itu akan tergantung pada banyak faktor yang berbeda. Tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan orang lain untuk mencapai level tertentu ... itu adalah kabar buruknya.

Kabar baiknya, bagaimanapun, adalah bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat prosesnya.

Pertama, Anda harus memutuskan tingkat kelancaran apa yang ingin Anda senangi. Maukah Anda puas memiliki tingkat Irlandia yang sama dengan saat ini? (Saya tidak!). Atau apakah Anda mengharapkan kelancaran yang benar? Pastinya yang terakhir akan memakan waktu lebih lama dari yang pertama, meski ada faktor yang bisa mempercepat prosesnya.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan belajar

Pertama, yang tidak: "Bakat"



Ini mungkin mengejutkan Anda, tapi "bakat asli" tidak banyak berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk belajar bahasa (atau hal lain, dalam hal ini).

Begitu sering orang mengatakan kepada saya "Saya tidak memiliki bakat untuk belajar bahasa (atau musik, atau menulis, atau apa-apa-Anda). Sejujurnya, aku harus memanggilnya polisi.

Diberikan beberapa orang memiliki fasilitas alami yang lebih besar dengan kata-kata daripada yang lain, itu hanya membawa Anda sejauh ini. Dorongan untuk belajar dan disiplin untuk berlatih secara teratur banyak, jauh lebih banyak.

Salah satu yang mungkin: Pengalaman



Pernahkah Anda mempelajari bahasa lain? Bahkan jika Anda tidak menjadi fasih, pengalaman dengan belajar bahasa dapat membantu Anda belajar bahasa Irlandia lebih cepat.

Ini mungkin sebagian karena belajar bahasa melatih otak Anda dengan cara yang membuat belajar bahasa lebih mudah, atau bisa saja begitu, setelah belajar bahasa asing, Anda sudah terbiasa dengan beberapa tantangan yang dapat membuat frustrasi para pemula, tapi Memang benar bahwa semakin banyak bahasa yang dimiliki, semakin mudah memperoleh yang baru, bahkan jika bahasa-bahasanya tidak terkait erat.

Ini tidak berarti, tentu saja, bahwa jika bahasa Irlandia adalah bahasa baru Anda yang pertama, Anda tidak akan dapat mempelajarinya dengan baik (kita semua akan memulai dari suatu tempat!), Namun mungkin akan membawa Anda lebih lama untuk melewati dasar-dasarnya daripada jika Anda Sudah punya pengalaman dalam belajar bahasa.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi kecepatan belajar



Apakah Anda bisa mengikuti kelas, atau belajar satu lawan satu dengan guru? Ada beberapa keuntungan untuk mengambil setidaknya beberapa kelas jika Anda bisa. Ini tidak harus menjadi hal yang penuh waktu, tapi bahkan pelajaran sesekali untuk melengkapi apa yang Anda lakukan sendiri bisa memberi banyak dividen.

Apakah Anda dapat terhubung secara teratur dengan pembicara / pelajar Irlandia lainnya, baik irl atau melalui Skype? Percakapan reguler, meski pada tingkat yang sangat mendasar, akan terus berlanjut untuk menjembatani kesenjangan antara apa yang diketahui oleh pikiran dan apa yang sebenarnya dapat Anda gunakan dengan mudah.

Menggunakan chat, atau berpartisipasi dalam forum internet, bisa membantu juga, tapi karena Anda sebenarnya tidak berbicara, itu tidak membantu komunikasi dengan lancar.

Seberapa banyak disiplin diri yang Anda miliki? Semakin Anda bisa mendisiplinkan diri Anda untuk berlatih atau belajar setiap hari, semakin cepat Anda akan maju. Ini tidak harus berarti duduk di meja dengan buku atau komputer Anda ... itu bisa berarti meluangkan waktu untuk membaca sesuatu dengan keras dalam bahasa Irlandia, atau untuk berbicara melalui percakapan praktik.

Apakah ada kemungkinan untuk mengikuti kursus perendaman pada suatu saat? Satu atau dua hari di lingkungan perendam penuh benar-benar dapat memberi Anda dorongan ke depan (dan jika Anda cukup beruntung untuk menghabiskan beberapa minggu dalam program perendaman, Anda akan mengalami kemajuan yang luar biasa dalam waktu yang relatif singkat).

Bahkan jika perjalanan ke Irlandia bertahun-tahun dan gaji dibayar, Anda mungkin bisa menemukan akhir pekan perendaman yang terjadi di suatu tempat lebih dekat (www.daltai.com mengkoordinasikan mereka secara teratur di Pantai Timur AS) atau bahkan mengaturnya sendiri (jika Anda Karena tertarik untuk mencoba ini, saya dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang telah melakukannya).

Semuanya bermuara pada Anda

Dalam analisis akhir, tidak ada yang bisa memberi tahu Anda berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk belajar bahasa sampai pada titik lemah. Bergantung pada keadaan Anda, dan juga pada penentuan pribadi dan disiplin diri Anda, diperlukan beberapa tahun atau lebih.

Yang penting adalah mengenali bahwa belajar bahasa adalah sebuah perjalanan. Nikmati perjalanannya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 TIPS UNTUK MEMPELAJARI BAHASA ASING

Review Huawei P10 Plus

Types of Forex Orders